Resep membikin kerupuk jangèk

Hayo, siapa pecinta kerupuk? Yuk mari, baca atau catat sampai habis resep dari resep masakan Indonesia dan tutuorial mudah untuk membuat camilan krupuk yang enak dan renyah.
Ada kerupuk jangek khas Aceh atau biasa disebut dengan kerupuk kulit. Penasarankan? Langsung simak tutorialnya di bawah ini ya !


Bahan yang dibutuhkan

- 1kg bahan kulit sapi
- Air kapur dengan takaran sesuai kebutuhan atau secukupnya
- Minyak goring untuk menggoreng kerupuk
Bahan untuk bumbu halus
-    15-16 siung bawang putih
-    2 sdm gula pasir
-    3 sdm garam atau sesuai selera

Cara membuat kerupuk Jangek khas aceh

1.    Pertama kamu harus merendam kulit sapi ke dalam air kapur yang dilakukan selama 2 hari. Kemudian baru dibersihkan bulu kulit yang masih menempel dengan pisau.
2.    Kulitsapi yang sudah bersih harus dijemur, selanjutnya kulit sapi yang bersih tersebut direbus hingga matang. Angkat dan sisihkan.
4.    Selanjutnya kamu harus memotong kulit yang matang menjadi potongan sesuai dengan seleramu. Lalu diberitaburan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata dan jemur kembali sampai mengering. Agar hasilnya maksimal, penjemuran ini biasanya dilakukan hingga 1 minggu.


5.    Setelah dijemur, barulah kulit ini siap untuk digoreng.
6.    Goreng sampai mengembang dan matang
7.    Angkat lalu tiriskan
8.    Jangan lupa untuk menempatkan kerupuk ke dalam toples agar kerenyahanny aterjaga
9.    Kerupuk siap dinikmati

Itulah resep masakan khas aceh dan tutorial pembuatan kerupuk jangek yang bisa dibagi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dicoba ya, semoga berhasil!

Related Posts:

0 Response to "Resep membikin kerupuk jangèk"

Posting Komentar