Cara Aman Memasang Tabung Gas

Regulator tabung gas
Ada beberapa yang harus kita perhatikan dalam cara memasang dan mengganti tabung gas di rumah dengan benar, karena resiko pemakaian gas LPG berbeda dengan pemakaian kompor minyak maupun tungku kayu. Sudah terlalu sering kecelakaan tabung gas meledak karena kesalahan cara penggantian dan pemasangan tabung gas di rumah.

Penyebab kompor gas sering meledak.

Penyebab sering terjadinya kompor gas meledak tak lain karena kebocoran pada selang penghubung dari gas ke kompor, kesalahan mengoperasikan tekanan regulator tabung dan kurangnya ventilasi sebagai sirkulasi udara di dapur. Untuk itu, berikut ini beberapa tip memasang tabung gas dengan aman di rumah :
  1. Matikan dahulu semua api disekitar kita sebelum kita akan memasang tabung gas.

  2. Lepaskan dengan benar Regulator tabung gas dari tabung gas yang lama, letakkan regulator pada cylinder tabung gas yang baru dengan posisi belum terkunci kemudian kunci regulator pada silinder dengan memutar tuas ke bawah searah jarum jam.

  3. Periksa suara pada regulator, jika terdengar mendesis suara gas keluar disertai bau gas..maka lebih baik lepaskan kembali regulator kemudian periksa, jika tidak terjadi hal di atas bisa langsung dicek dengan menghidupkan kompor.

  4. Jika terjadi kebocoran gas dengan suara mendesis dan bau gas, langkah perbaikan yaitu dengan mengganti dan mengecek seal karet pada silinder tabung gas. Jika rusak silahkan ganti.

  5. Letakkan gabung gas pada area aman dan terdapat ventilasi yang cukup.

  6. Tidak ada salahnya sering memeriksa kondisi selang/pipa penghubung dari tabung gas ke kompor karena rawan digigit tikus. Akan lebih baik jika membeli pipa penghubung dengan pipa yang ada perisai besinya sehingga tidak bisa digigit tikus.
Demikian, semoga bisa membantu..

Related Posts:

0 Response to "Cara Aman Memasang Tabung Gas"

Posting Komentar